Pengertian Apatis, Penyebab, Ciri-ciri, dan Lawan Kata Apatis

Pengertian Apatis dan lawan kata apatis

Senang sekali rasanya bisa setiap hari menyapa sobat dengan berbagai artikel menarik seputar pendidikan. Topik pembahasan kali ini adalah seputar :

  • Pengertian Apatis
  • Penyebab apatis
  • Ciri orang apatis
  • Mahasiswa apatis
  • Arti apatis dan skeptis
  • Apatis politik
  • Lawan kata apatis
  • Apatis dalam bahasa inggris
  • Warna apatis adalah
  • Pengertian apatis secara fisiologis, medis dan psikologis

Yuk langsung saja kita bahas secara lebih mendalam !

Pengertian Apatis dan lawan kata apatis

Pengertian Apatis

Pengertian apatis adalah ketidakpedulian seseorang atau individu terhadap aspek-aspek tertentu seperti aspek fisik, emosional dan kehidupan sosial.

Sikap apatis didefinisikan juga sebagai suatu sikap menarik diri dari seakan-akan pasrah dengan keadaan. Penjelasan ini berdasarkan para ahli ( Minderop : 2013 )

Pengertian Apatis Dalam Politik

Pengertian apatis dalam politik adalah suatu sikap acuh tak acuh dan masa bodoh dalam berbagai gejala politik.

Pengertian Apatis Secara Fisiologis, Medis dan Psikologis

Pengertian Apatis Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu sikap acuh-tidak acuh, atau tidak peduli, atau masa bodoh. Kata apatis sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni aphates yang secara harfiah berarti tanpa perasaan. Kata ini kemudian diadaptasi ke dalam bahasa Inggris menjadi apathy.

Istilah apatheia pertama kali digunakan filsuf Aristoteles untuk menggambarkan suasana ketenangan atau pingsan. Kemudian, istilah ini dimasukkan ke sekolah filsafat yang didirikan oleh Zeno, yang disebut Stoicisme, untuk mengekspresikan suasana hati yang ideal dicapai manusia selama hidupnya. Cita-cita Stoicisme adalah mencapai apatheia, yaitu penerimaan dari peristiwa alam, sikap pasif terhadap rasa sakit dan kesenangan, penghapusan reaksi emosional, dan kurangnya gairah apa pun.

Pengertian Apatis Menurut Medis

Pengertian apatis menurut ilmu kedokteran yakni menurut Littre dan Robin diartikan sebagai individu yang memiliki ketumpulan moral. Seseorang disebut berperilaku seolah tidak sensitif terhadap rasa sakit dan kesenangan serta pengalaman sejenis malas bergerak.

Pengertian Apatis Menurut Psikologi

Menurut Luis Rey, apatis merupakan kata yang mengacu pada istilah kejiwaan dengan definisi seorang individu yang ditandai dengan ketidaktertarikan, ketidakpedulian, atau ketidakpekaan terhadap peristiwa, kurangnya minat, atau keinginan. Tampak jelas bahwa apatis dalam kosakata medis juga berasal dari konsep kata estoicista filosofis.

Adapun dari sisi psikologis, apatis bisa disebut sebagai keadaan ketidakpedulian ketika seorang individu tidak menanggapi rangsangan kehidupan emosional, sosial, atau fisik. Apatis depresi klinis dianggap tingkat yang lebih moderat dan didiagnosis sebagai gangguan identitas disosiatif dalam tingkat ekstrem. Aspek fisik apatis dikaitkan dengan kelelahan fisik, kelemahan otot, dan kekurangan energi yang disebut letargi.

Ada beberapa penyebab apatis muncul dalam diri masing-masing individu, di antaranya matinya nilai-nilai di masyarakat, matinya rasa kepedulian, hilangnya respek atau nurani, serta pandangan tentang keadilan yang membutakan masyarakat akan hukum. Tindakan apatis ini sering muncul dalam kehidupan bermasyarakat, kehidupan berpolitik, dan juga kehidupan bernegara.

Sikap apatis ini tidak hanya terjadi pada kegiatan politik saja. Dalam kehidupan sosial seperti dikampus juga kerap kali di temukan mahasiswa apatis yang disebut dengan mahasiswa kupu-kupu yakni (kuliah pulang-kuliah pulang). Mahasiswa apatis ini disebabkan oleh banyak faktor diantarantaranya adalah karena kerja, kurang pergaulan, memang pada dasarnya cuek dan tidak aktif, larangan orang tua, belum beradaptasi di lingkungan kampus, atau memiliki banyak kegiatan di luar lingkungan kampus.

Baca juga :

Dalam kehidupan sebaiknya kita tidak bersikap apatis baik dari segi politik, fisik maupun sosial supaya kita dapat mengetahui dan mengikuti perkembangan zaman. Jika dirasa informasi yang kami berikan ini bermanfaat maka dukung dan support kami dengan cara terus mengunjungi Ilmudefinisi.com karena kami akan membagikan informasi pendidikan setiap harinya 🙂

2 Replies to “Pengertian Apatis, Penyebab, Ciri-ciri, dan Lawan Kata Apatis”

  1. Terima kasih kak, sangat membantu sekali, berkat blog ini saya menjadi pd dari yg sebelumnya dalam menghadapi sebuah masalah 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *