Pengertian Buku Digital dan Fungsinya

7 views

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan. Saat ini buku tidak hanya berbentuk lembaran yang umumnya kita temui. Terdapat jenis buku yang disebut dengan buku digital atau e-book. Adanya buku digital e-book tidak lepas dari pengaruh teknologi dan juga internet. Apa sih pengertian buku digital, manfaat buku digital, kekurangan dan kelebihan buku digital, fungsi buku digital dalam proses pembelajaran, hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam pemilihan format digital book serta apakah fungsi buku digital dalam proses pembelajaran ? Kami akan menjelaskan pengertian buku digital (e-book) secara terperinci.

Pengertian Buku Digital

Pengertian Buku Digital (e-book)

Pengertian buku digital adalah buku yang di kemas dalam bentuk media elektronik berupa gambar, teks, audio, atau video yang ditampilkan dalam bentuk digital dan dapat diakses dengan menggunakan perangkat elektronik seperti PC/laptot, handphone, dan lain sebagainya.

Buku digital atau disebut dengan istilah buku elektronik yang biasa disingkat dengan nama e-book (electronic book). e-book ini dapat kamu bawa kemana saja dan dapat kamu akses dengan mudah kapan pun dan dimana pun.

Wikipedia menyebut buku digital sebagai buku elektronik atau Buku-e atau ebook yang didefinisikan sebagai versi elektronik dari buku. Berbeda dengan buku pada umumnya yang berbentuk kertas, maka buku elektronik hanya berbentuk informasi digital saja.

Pada dasarnya buku digital dan buku konvensional ini memiliki kesamaan dalam hal memberikan atau menyajikan informasi berupa gambar dan teks, akan tetapi yang membuat mereka berbeda yaitu dalam hal fitur pencarian pada buku digital yang hal ini tentunya memudahkan kamu dalam belajar dan membaca.

Manfaat Buku Digital

Fungsi Buku Digital

Buku digital memiliki fungsi atau manfaat yang sama dengan buku konvensional pada umumnya, diantara fungsinya adalah sebagai berikut :

Sebagai media informasi

Seperti yang kita ketahui, bahwa buku merupakan salah satu sumber informasi. Begitu pula dengan buku digital ini yang dapat memberikan serta menyebarluaskan informasi dengan cepat dan mudah. Buku digital ini dapat kamu temukan di dalam internet lho, yang dapat kamu akses dimanapun kamu berada, sedangkan buku konvensional dapat kamu temukan pada perpustakaan ataupun toko buku yang menjualnya.

Hal ini sesuai seperti kata bijak yang sanat populer, yaitu “Buku adalah jendela dunia”. Karena dengan buku dan membaca buku tersebut kita bisa mengetahui dan memperoleh informasi, sehingga kita bisa mengerti dan memahaminya.

Sebagai media pembelajaran

Bagi seorang pengajar memerlukan sumber atau bahan pembelajaran, yang mana bahan tersebut berasal dari buku. Dengan buku digital ini, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih aktif, interaktif dan juga menarik. Apalagi dengan kurikulum pembelajaran yang sekarang, yakni kurikulum 2013 yang biasanya menggunakan pendekatan scientific learning dengan metode pembelalajaran yang berorientasi pada (siswa) student learning center.

Sebagai media bisnis

Pada dasarnya buku diterbitkan dalam bentuk media cetak berupa kertas/hardfile, namun biaya penerbitan yang terbilang tidak murah, membuat penuls mengalami kesulitan dalam hal penerbitan. Sehingga, dengan adanya buku digital ini penulis dapat mempublikasikannya melalui internet secara komersil, yang juga dilindungi dengan hak cipta, maka jangan sembarangan untuk memperbanyak ataupun menggandakan buku digital yah.

Jenis Buku Digital Berdasarkan Format

Buku digital umumnya memiliki beberapa format berikut :

  • AZW-Amazon World;
  • EPUB-Electronic publication;
  • MOBI-MobiPocket;
  • PDB-Palm Database File;
  • PDF-Portable Document Format;
  • KFB-Kindle Fire Format;
  • PRC-Palm Resource File;
  • TPZ-Topaz File Extension;
  • HTML-HyperText Mark Language;
  • XHTML-eXtensibel HyperText Mark Language;
  • XML- eXtensibel Mark Language;
  • CHM-Compressed HTML; serta
  • JPEG-Joint Photographic Exports Group.

Umumnya yang paling sering digunakan ialah buku digital dengan format PDF dan JPEG.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital

Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital

Dibandingkan dengan buku konvensional, buku digital juga memiliki kekurangan dan kelebihan seperti :

Kelebihan Buku Digital

Sebelum kita membahas kekurangan buku digital e-book sebaiknya kita simak kelebihannya terlebih dahulu, kelebihan buku digital diantaranya adalah :

Ringkas dan Praktis

Sesuai dengan namanya yakni electronik book, maka buku digital ini tidak berbentuk fisik seperti buku pada umumnya sehingga tidak akan membuat tas mu terasa sesak. Kamu hanya perlu ruang memori yang cukup pada ponsel kamu.

Awet

Keuntungan kedua dari e-book adalah lebih awet jika dibandingkan dengan buku biasa. Pada umumnya buku biasa akan mudah rusak setelah sekian tahun. Berbeda dengan buku digital yang awet asalkan datanya tidak hilang.

Murah

Kelebihan lainnya dari buku digital adalah karena murah. Inilah mengapa buku digital amat disukai oleh kaum milenial karena praktis, awet, dan juga murah. Untuk mendapatkan buku digital ini sobat hanya perlu mendownload atau mengunduhnya saja.

Ramah Lingkungan

Buku digital tidak berbentuk fisik, tidak menggunakan kertas sehingga buku digital dapat dikatakan ramah lingkungan karena tidak membutuhkan kertas dalam bahan bakunya sehingga tidak perlu menebang pohon.

Kekurangan Buku Digital

Meski memiliki segudang kelebihan ternyata buku digital juga memiliki kekurangan yakni :

Tidak dapat dipegang

Karena tidak berbentuk fisik, wajar saja jika buku digital tidak dapat dipegang. Jadi buku ini tidak dapat kamu letakkan di lemari atau rak buku kesayanganmu ya.

Ukuran huruf kecil

Meskipun buku digital dapat kamu atur ukuran hurufnya namun akan lebih mudah dan nyaman membaca buku konvensional. Karena jika terlau besar hurufnya kalian harus menggeser layar ponsel sobat ke kanan dan kiri untuk membaca keseluruhan kalimat.

Mata tidak kuat

Bagi sobat yang memiliki kelainan pada mata, maka penggunaan buku digital terlalu lama akan membuat mata anda mudah lelah. Sehingga sangat tidak nyaman apabila membaca dan menatap layar monitor terlalu lama.

Tidak Didukung Oleh Perangkat Lunak

Karena memiliki format yang berbeda-beda tentunya sobat juga harus memiliki berbagai macam fitur pendukung guna mengakses buku digital anda. Apabila sobat gaptek maka buku konvensional akan lebih menguntungkan.

Baca juga : 

Inilah informasi terkait pengertian buku digital. Semoga informasi yang telah kami sampaikan ini dapat memperluas wawasan sobat. Simaklah terus informasi di Ilmudefinisi.com karena kami akan memposting informasi pendidikan setiap harinya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *