Pengertian Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global !

Posted on

Selamat pagi sobat Ilmudefinisi.com, senang sekali rasanya bisa terus menyapa anda dengan berbagai artikel penting seputar pendidikan. Pada pembahasan kali ini mimin akan mengulas tentang pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global. Bagaimana penyebab, proses serta dampaknya bagi kehidupan. Yuk langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya !

Pengertian Efek Rumah Kaca dan Contohnya

Pengertian Efek Rumah Kaca

Pengertian Efek Rumah Kaca adalah sebuah proses pemanasan permukaan suatu benda langit (terutama planet atau satelit) yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya.

Dapat dikatakan bahwa Efek rumah kaca merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bumi memiliki efek seperti rumah kaca diatas dimana panas matahari terperangkap oleh atmosfer bumi.

Gas yang ada di atmosfer seperti karbon dioksida (CO2) dapat menahan panas matahari sehingga panas matahari terperangkap di dalam atmosfer bumi.

Untuk itu ketika pada siang hari matahari menyinari bumi sehingga permukaan bumi menjadi hangat kemudian pada malam hari permukaan bumi mendingin. Namun karena adanya efek rumah kaca, sebagian panas yang harusnya dipantulkan permukaan bumi diperangkap oleh gas-gas rumah kaca di atmosfer. Sehingga bumi menjadi semakin hangat dari tahun-ketahun.

Penyebab Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca sendiri disebabkan karena meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Meningkatnya konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh banyaknya pembakaran bahan bakar minyak, batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melebihi kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

Komposisi Energi yang masuk ke Bumi:

  • 25% dipantulkan oleh awan atau partikel lain di atmosfer
  • 25% diserap awan
  • 45% diserap permukaan bumi
  • 10% dipantulkan kembali oleh permukaan bumi

Energi yang diserap kemudian dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah oleh awan dan permukaan bumi. Namun sebagian besar inframerah yang dipancarkan bumi tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas lainnya, untuk dikembalikan ke permukaan bumi. Pada keadaan normal, efek rumah kaca diperlukan, dengan adanya efek rumah kaca perbedaan suhu antara siang dan malam di bumi tidak terlalu jauh berbeda.

Selain gas CO2, yang dapat menimbulkan efek rumah kaca adalah belerang dioksida, nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2) serta beberapa senyawa organik seperti gas metana dan klorofluorokarbon (CFC). Gas-gas tersebut memegang peranan penting dalam meningkatkan efek rumah kaca.

Selain dari beberapa penyebab diatas, efek rumah kaca juga disebabkan oleh kegiatan manusia seperti :

  • Pembakaran dan penebangan hutan
  • Penggunaan bahan bakar fosil
  • Pencemaran lingkungan dan laut
  • Industri pertanian
  • Limbah industri dan pertambangan
  • Limbah rumah tangga
  • Industri peternakan

Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Sinar matahari yang dipantulkan ke bumi memiliki dampak dapat merusak lapisan ozon. Sedangkan fungsi utama dari lapisan ozon adalah untuk menghambat sinar matahari yang berada di atmosfer. Apabila lapisan ozon yang berada di atmosfer saat ini mulai berkurangdan terus menipis, maka dampaknya suhu bumi akan mengalami kenaikan terus menerus. Saat suhu bumi ini naik, maka suhu ini akan berubah menjadi dingin.

Dengan kondisi yang seperti inimenyebabkan semakin banyak jumlah karbondioksida yang ada di bumi. Akhirnya suhu di bumi akan semakin hangat karena tidak dapat menahan pantulan sinar matahari yang seharusnya dikembalikan ke luar angkasa. Adapun proses terjadinya rumah kaca dimulai dapat matahari memancarkan sinar dalam bentuk sinar ultraviolet ke permukaan bumi. Sinar ini diterima oleh bumi dan dipantulkan kembali ke luar angkasa dalam bentuk sinar inframerah.

Sinar matahari yang masuk ke permukaan bumi ini akan berbentuk suhu panas, lalu sebagian dari sinar ini akan dipantulkan kembali ke atmosfer oleh permukaan bumi. Sedangkan sebagian sinarnya akan diserap oleh permukaan bumi dengan warna yang agak gelap karena mengandung gas rumah kaca yang berada di atmosfer.

Dampak Efek Rumah Kaca

Meningkatnya suhu permukaan bumi dapat menyebabkan perubahan iklim yang sangat ekstrem di bumi. Perubahan iklim yang ektrem kemudian menyebabkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer.

Efek rumah kaca dan pemanasan global berdampak pada mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut. Selain itu efek rumah kaca juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu air laut sehingga berakibat kepada beberapa pulau kecil tenggelam di negara kepulauan , yang membawa dampak perubahan yang sangat besar.

Berdasarkan perhitungan simulasi, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu rata-rata bumi 1-5 °C. Bila kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap seperti sekarang akan menyebabkan peningkatan pemanasan global antara 1,5-4,5 °C sekitar tahun 2030.

Dengan meningkatnya konsentrasi gas CO2 di atmosfer, maka akan semakin banyak gelombang panas yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap atmosfer. Hal ini akan mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi meningkat.

Baca juga :

Demikian penjelasan tentang Pengertian Efek rumah kaca, penyebab, proses serta dampak efek rumah kaca bagi kehidupan. Yuk sama sama sayangi dan jaga bumi kita agar terhindar dari efek rumah kaca. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *