Pengertian Hubungan Internasional Secara Umum ( Manfaat, Asas-asas dan Pola )

22 views

Hello sobat, pada artikel sebelumnya kami telah mengulas secara mendalam tentang pengertian hubungan internasional secara umum, dan menurut pendapat para ahli. Pada artikel kali ini admin Ilmudefinisi.com akan membahas tentang pengertian hubungan internasional, manfaat, asas-asas dan polanya ! Yuk simak dengan baik materi ini !

Pengertian Hubungan Internasional Secara Umum

Pengertian Hubungan Internasional Secara Umum

Pengertian Hubungan Internasional adalah suatu bentuk interaksi di antara dua atau lebih Negara yang merdeka dan berdaulat dengan tujuan tertentu yang mencakup berbagai aspek seperti politik, sosial budaya, ekonomi dan lain sebagainya.

Manfaat Hubungan Internasional

  • Banyak sekali manfaat hubngan internasional bagi masing-masing negara diantaranya adalah :
  • Menjalin kerukunan antar bangsa.
  • Menjaga serta mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan Negara.
  • Mempercepat proses berkembangnya ekonomi suatu negara.
  • Menunjang upaya pemeliharaan dan pemulihan perdamaian, keamanan dan stabilitas internasional.
  • Menerima bantuan dari organisasi-organisasi internasional.
  • Meningkatkan investasi negara.
  • Memperkuat posisi perdagangan suatu negara.
  • Meningkatkan penanggulangan kejahatan.
  • Menunjang pelaksanaan dari kebijakan politik pemerintah dan hubungan luar negeri yang di lakukan untuk kepentingan pembangunan di semua bidang.
  • Mendapatkan bantuan dan upaya pencegahan serta penanggulangan setiap bentuk bencana alam serta pemulihan infrastruktur dan lain-lain.

Asas Asas Hubungan Internasional

Hubungan internasional memiliki asas yang mendasarinya yakni :

Asas Teritorial

Asas Teritorial merupakan asas yang didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya.

Asas Kebangsaan

Asas Kebangsaan suatu asas yang didasarkan pada kekuasaan negara terhadap warga negaranya.

Asas Kepentingan Umum

Asas Kepentingan Umum yakni asas yang didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat.

Pola Hubungan Internasional

Pola Hubungan Internasional ada tiga macam diantaranya adalah :

Pola Penjajahan

Pola Hubungan Internasional yang pertama adalah pola penjajahan. Penjajahan pada hakekatnya merupakan penghisapan oleh suatu bangsa atas bangsa lain yang ditimbulkan oleh perkembangan paham kapitalis, di mana pelosok penjajah membutuhkan bahan mentah bagi industrinya dan pun pasar bagi hasil industrinya. Inti dari penjajahan di sini. adalah penguasaan wilayah bangsa lain.

Pola Ketergantungan

Yang kedua yakni Pola Ketergantungan. Pola ketergantungan biasanya terjadi pada negara-negara bertumbuh yang kekurangan modal dan tekhnologi untuk membangun negaranya, terpaksa mengandalkan bantuan negara-negara maju yang hasilnya mengakibatkan ketergantungan pada negara-negara maju tersebut. Pola hubungan ini dikenal sebagai neo-kolonialisme (penjajahan dalam bentuk baru).

Pola Hubungan Sama Derajat

Yang terakhir adalah pola hubungan sama derajat. Pada pola hubungan ini paling sulit diwujudkan, namun yaitu pola hubungan yang amat ideal karena berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama, sesuai dengan jiwa sila kedua Pancasila, yang menuntut penghormatan arah kodrat manusia sebagai makhluk yang sederajat tanpa memandang ideologi, bentuk negara maupun sistem pemerintahannya.

Politik luar negeri bebas aktif yang kita pilih menghindarkan bangsa kita jatuh ke paham kebangsaan yang sempit ataupun Chauvinisme yang mengagung-agungkan bangsa sendiri namun memandang rendah bangsa lain. Juga menjauhkan paham Kosmopolitisme yang memandang seluruh dunia sebagai negri yang satu dan persis sehingga mengabaikan negeri sendiri.

Baca juga : 

Demikian penjelasa tentang definisi hubungan internasional, manfaat, asas-asas hubungan internasional serta pola hubungan internasional. Semoga apa yang kami bagikan ini memberi manfaat bagi kita semua. See You Later !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *