Pengertian Metamorfosis, Jenis-jenis Metamorfosis dan Contohnya

Posted on

Pengertian Metamorfosis – Selamat pagi sobat, hari ini admin akan mengajak kalian untuk membahas sub bab Biologi tentang Metamorfosis. Metamorfosis terbagi ke dalam metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis pada tiap hewan berbeda-beda dan tidak sama 🙂 Penasaran bukan, Yuk langsung saja kita simak artikel selengkapnya !

Pengertian Metamorfosis Sempurna dan tidak sempurna

Pengertian Metamorfosis

Pengertan metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi yang melibatkan perubahan bentuk struktur maupun perubahan fungsi organ-organ tubuh makhluk hidup.

Istilah metamorfosis sendiri berasal dari kata metamorphoo yang artinya berubah bentuk atau bertransformasi.

Jenis-jenis Metamorfosis

Metamorfosis atau perubahan bentuk dibedakan menjadi dua macam yakni Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna :

Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna merupakan suatu perubahan bentuk yang terjadi pada serangga dimana larva (hewan muda) mempunyai bentuk yang sangat berbeda dengan bentuk ketika sudah dewasa.

Untuk metamorfosis tidak sempurna dikenal dengan istilah holometabola. Umumnya hewan yang mengalami metamorfosis sempurna memiliki perbedaan cara makan bahkan habitatnya. Terdapat masa transisi atau titik perubahan bentuk dari larva menjadi hewan dewasanya yaitu menjadi kepompong.

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna melewati empat tahap pertumbuhan dan perkembangan. Tahapannya yaitu telur – larva – pupa – imago / hewan dewasa. Contoh hewan bermetamorfosis sempurna adalah nyamuk, lalat, kupu-kupu dan masih banyak yang lain.

Metamorfosis Tidak Sempurna

Pengertian metamorfosis tidak sempurna adalah proses pertumbuhan pada hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk secara signifikan. Dikenal dengan istilah hemimetabola. metamorfosis tidak sempurna terjadi dengan tiga tahapan yaitu mulai dari telur, menetas menjadi nimfa dan tumbuh menjadi dewasa. Telur – nimfa – imago/dewasa.

Contoh Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Untuk lebih memahami tentang metamorfosis sempurna dan tidak sempurna maka fahamilah contoh-contoh berikut ini :

Contoh Metamorfosis Sempurna

Berikut adalah beberapa contoh metamorfosis sempurna :

  • belalang
  • kepik
  • jangkrik
  • rayap
  • kutu daun
  • kecoak
  • capung
  • whitefly

Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna

Untuk contoh metamorfosis tidak sempurna adalah :

  • Kupu-kupu
  • Nyamuk
  • Katak

Baca juga :

Mudah bukan memahami pengertian metamorfosis, jenis-jenis metamorfosis dan contohnya ? Belajar terus di Ilmudefinisi.com ya untuk menyimak lebih banyak tentang artikel pendidikan lainnya 🙂 Salam sejahtera dan semoga sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *