15+ Pengertian Observasi Menurut Para Ahli !

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Hello sobat, sewaktu di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) melakukan pengamatan baik hewan atau serangga menggunakan kaca pembesar ? Nah kegiatan tersebut dinamakan dengan observasi. Jadi setelah melakukan observasi biasanya diiringi dengan pengumpulan laporan hasil observasi. Apa sih pengertian observasi secara umum dan pengertian teks observasi menurut para ahli ?? Yuk simak informasi dibawah ini.

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Pengertian Observasi Secara Umum

Pengertian observas ialah suatu aktivitas yang dilakukan untuk mengetahui sesuatu dari sebuah fenomena yang berdasarkan pengetahuan serta gagasan.

Pengertian Observasi Secara Etimologi

Secara etimologi observasi berasal dari Bahasa latin yang mempunyai arti “melihat dan memperhatikan”.

Kegiatan observasi juga merupakan kegiatan yang dilakukan oleh makhluk cerdas yang memproses objek dengan tujuan merasakan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena yang berdasarkan ide-ide yang diketahui sebelumnya.

Selanjutnya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan melanjutkan hingga proses investigasi. Dalam penelitian, observasi bisa dilakukan secara tes, kuisioner, rekaman suara dan rekaman gambar.

Pengertian Observasi Menurut KBBI

Menurut KBBI (kamus besar Bahasa Indonesia), pengertian observasi adalah peninjauan secara cermat. Sedangkan arti dari mengobservasi adalah mengawasi dengan teliti atau disebut juga dengan mengamati.

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Berikut penjelasan observasi menurut para ahli :

Arifin (2011)

Pengertian observasi adalah suatu proses pengamatan dan juga pencatatan secara logis, sistematis, objektif serta rasional guna mengenai berbagai macam fenomena. Baik itu dalam fenomena yang mampu dalam situasi buatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu ataupun sebenarnya.

Burhan

Definisi observasi merupakan kemampuan dari seseorang untuk melakukan sebuah kegiatan pengamatan melalui hasil kerja dari salah satu alat panca indra (mata) dan juga dibantu dengan panca indra lainnya.

Gibson dan Mitchell

Observasi menurut Gibson dan Mitchell adalah teknik untuk menyeleksi dalam penentuan keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati.

Hanna Djumhhana

Hanna Djumhhana menjelaskan bahwa observasi merupakan suatu metode ilmiah yang masih menjadi acuan dalam ilmu pengetahuan empiris sebagai cara yang sering digunakan untuk mengumpulkan data.

Kartini Kartono

Pengertian observasi menurut Kartini Kartono adalah pengujian dengan tujuan tertentu untuk mengetahui sesuatu, yang khususnya untuk tujuan mengumpulkan fakta, data, skor atau nilai, satu verbalisasi atau disebut dengan pengungkapan kata-kata dengan segala sesuatu yang telah diteliti atau amati.

Karl Welek

Selanjutnya Karl Welek menyatakan bahwa observasi merupakan pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan, penggantian dari rangkaian proses tingkah laku dan suasana yang memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.

Margono (2007)

Pengertian observasi menurut Margono (2007) secara dasarnya teknik observasi digunakan untuk melihat dan juga untuk mengamati perubahan dari fenomena-fenomena sosial yang berkembang atau tumbuh yang selanjutnya dapat dilakukan perubahan dari penilaian tersebut.

Dan untuk pelaksana observasi tersebut guna melihat objek dari kejadian tertentu, serta mampu memisahkan anta

Nawawi dan Martini

Definisi observasi adalah kegiatan mengamati, yang diikuti pencatatan secara urut. Hal ini terdiri atas beberapa unsur yang muncul dalam fenomena di dalam objek yang diteliti. Hasil dari proses tersebut dilaporkan dengan laporan yang sistematis dan sesuai kaidah yang berlaku.

Sutrisno Hadi

Observasi menurut pandangan Sutrisno Hadi merupakan suati proses yang kompleks, terdiri dari berbagai macam proses biologis maupun proses psikologis. Namun, proses yang paling penting ialah ingatan dan pengamatan.

Sudjana

Pengertian observasi menurut sudjana ialah metode penelitian untuk mengukur tindakan dan proses individu dalam sebuah peristiwa yang diamati.

Sugiyono

Berdasarkan pendapat Sugiyono definisi observasi dalam arti sempit merupakan proses penelitian mengamati situasi dan kondisi.

Suharsimi Arikunto

Menurut Arikunto, Observasi merupakan pengamatan langsung terhadap suatu objek yang ada di lingkungan yang sedang berlangsung meliputi berbagai aktivitas perhatian terhadap kajian objek dengan menggunakan pengindraan.

Patton

Patton berpendapat bahwa observasi merupakan metode yang akurat dalam mengumpulkan data. Tujuannya ialah mencari informasi tentang kegiatan yang berlangsung untuk kemudian dijadikan objek kajian penelitian.

Prof. Heru

Sedangkan menurut Prof. Heru, Observasi merupakan pengamatan yang sebuah studi kasus atau pembelajaran yang dilakukan dengan sengaja, terarah, urut, dan sesuai pada tujuan. Pencatatan pada kegiatan pengamatan disebut dengan hasil observasi. Hasil observasi tersebut dijelaskan dengan rinci, tepat, akurat, teliti, objektif, dan bermanfaat.

Prof. Dr. Bimo Walgito

Definisi observasi menurut Prof. Dr. Bimo Walgito adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dan secara disengaja dilakukan. Yang diadakan dengan menggunakan alat indra (terutama mata) dengan melihat kejadian-kejadian yang langsung bisa ditangkap pada saat waktu kejadian berlangsung.

Prof. Dr. Sofyan S. Willis

Pengertian observasi Willis adalah pengamatan yang dilakukan secara partisipan atau non-partisipan. Metode yang digunakan merupakan metode partisipan yang mengharuskan peneliti ikut terlibat dalam kegiatan anak-anak atau remaja. Metode non-partisipan merupakan Cuma mengamati dari sisi luar dan tidak perlu ikut terlibat.

Baca juga :

Demikian informasi tentang Pengertian Observasi secara umum dan menurut pandangan para ahli. Semoga informasi yang kami sajikan ini bermanfaat bagi sobat yang akan melakukan observasi dan juga penelitian. Jumpa lagi esok hari dengan Ilmudefinisi.com 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *