Pengertian Pencemaran, Jenis-jenis Pencemaran, Faktor, Dampak dan Cara Menanganinya !

Pengertian Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli

Hello sobat Ilmudefinisi.com, Yuk belajar tentang materi pengertian Pencemaran. Apa saja jenis-jenis pencemaran, faktor penyebab pencemaran, dampak pencemaran serta bagaimana cara menanganinya.

Pengertian Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pengertian pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982).

Pengertian Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian pencamaran lingkungan menurut para pakar yang ada di dalam Ilmu Pengetahuan Alam, antara lain adalah sebagai berikut :

Undang-Undang No 4 tahun 1982

Menurut Undang-Undang No 4 tahun 1982 pengertian pencemaran lingkungan adalah dimasukkannya zat energi atau komponen yang merusak lingkungan, ataupun berubahnya terhadap segala bentuk tatanan lingkungan, baik hasil dari kegiatan manusia ataupun proses alam sehingga dapat mengancam kualitas lingkungan.

Surat Keputusan Menteri Kependudukan Lingkungan Hidup (1988)

Menurut Surat Keputusan Menteri Kependudukan Lingkungan Hidup (1988) pengertian pencemaran lingkungan ialah dimasukkannya makhluk hidup, zat energi atau komponen lain ke dalam air atau udara dan hal tersebut dianggap menyebabkan prosesisasi berubahnya segala kegiatan manusia dan juga proses kondisi alam.

Kimia Lingkungan

Pengertian pencemaran lingkungan menurut Kimia Lingkungan adalah suatu bentuk penyebaran bahan-bahan kimia dengan ukuran tertentu sehingga dapat merubah suatu keadaan atau keseimbangan ekosistem yang ada di alam, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Wikipedia

Sedangkan menurut Wikipedia, pencemaran lingkungan adalah pencemaran yang terjadi dengan sangat cepat yang terjadi akibat limbah industri yang berasal dari bahan-bahan kimia, termasuk di dalamnya adalah logam berat.

Darmono (1995)

Pengertian pencemaran menurut Darmono adalah segala bentuk perubahan alam dan iklim yang ada di bumi akibat kegiatan manusia yang tidak dikehendaki oleh alam (lingkungan). Kegiatan ini seperti halnya penebangan hutan secara ilegal atau membakar hutan untuk lahan pertanian. Selengkapnya, baca; Pengertian Lahan Menurut Ahli dan Jenisnya Lengkap

Palar (1994)

Pengertian pencemaran lingkungan adakah proses perubahan ekosistem baik secara fisik, kimia, atau perilaku biologis yang bisa mengganggu kehidupan manusia karena dinilai dapat merusak sumberdaya yang ada di alam yang ada di bumi, bahkan keadaan ini dapat menyebabkan bencana alam. Selengkapnya, baca; Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli dan Contohnya

Wardhana (2001)

Menurut Wardhana sumber pencemaran adalah setiap bentuk kegiatan yang dilakukan manusia dalam membuang bahan pencemar, baik berbenatuk padat, gas, cair atau partikel tersuspensi dalam kadar tertentu sehingga dapat lingkungan.

Kategori Pencemaran

Pencemaran dikategorikan dalam bebeapa jenis yakni :

  • Pencemaran air
  • Pencemaran udara
  • Pencemaran tanah
  • Pencemaran logam berat
  • Pencemaran suara

Cara Penanggulangan Pencemaran Lingkungan

Cara penanggulangan pencemaran lingkungan dibagi ke dalam 3 cara diantaranya adalah secara administratif, penanggulangan secara teknologis dan penanggulangan secara edukatif.

Penanggulangan Secara Administratif

Penanggulangan secara administratif terhadap sebuah pencemaran lingkungan merupakan tugas pemerintah, yakni dengan membuat peraturan-peraturan atau undang-undang. Berikut beberapa peraturan perundang-undangan yang telah diatur pemerintah :

Pabrik tidak boleh menghasilkan produk (barang) yang dapat mencemari lingkungan. Misalnya, pabrik pembat lemari es, AC dan sprayer tidak boleh menghasilkan produk yang menggunakan gas CFC sehingga dapat menyebabkan penipisan dan berlubangnya lapisan ozon di stratofer.

Industri harus memiliki unit-unit pengolahan limbah (padat, cair, dan gas) sehingga limbah yang dibuang ke lingkungansudah terbebas dari zat-zat yang membahayakan lingkungan.

Pembuangan sampah dari pabrik harus dilakukan ke tempat-tempat tertentu yang jauh dari pemukiman.

Sebelum dilakukan pembangunan pabrik atau proyek-proyek industri harus dilakukan analisis mengenai dampak lingkungan (AM-DAL).

Pemerintah mengeluarkan buku mutu lingkungan, artinya standar untuk menentukan mutu suatu lingkungan. Untuk lingkungan air ditentukan baku mutu air , sedangkan untuk lingkungan udara ditentukan baku mutu udara. Dalam buku mutua air, antara lain tercantum batasan kadar bahan pencemar logam berat, misalnya fosfor dan merkuri. Didalam buku mutu udara, antara lain tercantum batasan kadar bahan pencemar, misalnya gas CO2 dan CO. Pemerintah akan memberikan sanksi kepada pabrik yang menghasilkan limbah dengan bahan pencemar yang melebihi standar baku mutu.

Penanggulangan Secara Teknologis

Penanggulangan pencemaran lingkungan secara teknologis contohnya menggunakan peralatan untuk mengolah sampah atau limbah. Di surabaya terdapat suatu tempat pembakaran akhir sampah dengan suhu yang sangat tinggi sehingga tidak membuang asap. Tempat tersebut dinamakan insenerator.

Penanggulangan Secara Edukatif

Penanggulangan secara edukatif dilakukan melalui jalur pendidikan baik formal maupun nonformal. Untuk melalui pendidikan formal, disekolah dimasukkan pengetahuan tentang lingkungan hidup tentang lingkungan hidup kedalam mata pelajaran yang terkait, misalnya IPA dan Pendidikan agama. Melalui jalur pendidikan nonformal dilakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan pencegahan serta penanggulangan pencemaran lingkungan.

Dengan penyuluhan dan pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran baik secara individu maupun secara berkelompok untuk memahami pentingnya kelestarian lingkungan.

Baca juga :

Demikian definisi pencemaran yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk para pembaca. Simak terus artikel pendidikan yang akan kami ulas setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *