Pengertian Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli TERLENGKAP !

14 views

Sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian perdagangan internasional, faktor, jenis-jenis dan manfaat perdagangan internasional. Pada artikel ini kami akan mengulas lebih jauh tentang pengertian perdagangan internasional menurut para ahli. Bagaimana sih pendapat ahli terkait definisi perdagangan internasional ? Yuk langsung kita bahas selengkapnya !

Pengertian Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian Perdagangan Internasional Secara Umum

Pengertian Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

Dapat dikatakan juga Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

Pengertian Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

Para ahli telah mendefinisikan perdagangan internasional sebagai berikut :

Huala Adolf

Pengertian perdagangan internasional proses tukar menukar yang berdasarkan atas kehendak dari masing-masing negara sukarela.

Hercules Booysen

Menurut Hercules Booysen seorang sarjana Afrika Selatan tidak memberi defenisi secara tegas. Beliau menyadari bahwa ilmu hukum sangatlah kompleks. Oleh karena itu, upaya untuk membuat defenisi bidang hukum, termasuk hukum perdagangan internasional, sangatlah sulit dan jarang tepat.

M. Rafiqul Islam

Menurut M. Rafiqul Islam defenisi hukum perdagangan internasional menekankan keterkaitan erat antara perdagangan internasional dan hubungan keuangan.

Michelle Sanson

Kemudian Michelle Sanson memberi batasan bidang ini sesuai dengan pengertian kata-kata dari bidang hukum ini, yaitu hukum, dagang dan internasional. Sanson membagi hukum perdagangan internasional ini ke dalam dua bagian utama, yaitu hukum perdagangan internasional publik dan hukum perdagangan internasional privat.

Schmitthoff

Sedangkan menurut Schmitthoff Hukum perdagangan internasional adalah sekumpulan aturan yang mengatur hubungan-hubungan komersial yang sifatnya perdata. Aturan-aturan hukum tersebut mengatur transaksi-transaksi yang berbeda negara.

Schmitthoff mendefinisikan hukum perdagangan internasional sebagai: “… the body of rules governing commercial relationship of a private law nature involving different nations”.

Dari definisi tersebut dapat tampak unsur-unsur berikut:

  • Hukum perdagangan internasional adalah sekumpulan aturan yang mengatur hubungan-hubungan komersial yang sifatnya hukum perdata,
  • Aturan-aturan hukum tersebut mengatur transaksi-transaksi yang berbeda negara.

Wikipedia

Menurut Wikipedia Ensiklopedia Bebas pengertian perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

Baca juga :

Demikian pengertian perdagangan internasional menurut para ahli. Semoga informasi yang telah Ilmudefinisi.com bagikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *