Pengertian Perdagangan Internasional LENGKAP| Sejarah, Teori, Faktor, Jenis-jenis dan Manfaatnya

Pengertian Perdagangan Internasional Secara Umum

Setelah pada artikel sebelumnya kami membahas mengenai Hubungan Internasional, pada artikel ini kami akan mengulas tentang Pengertian Perdagangan Internasional secara umum, lengkap dengan faktor yang tidak termasuk latar belakang munculnya perdagangan internasional. Jika sobat sudah sangat penasaran yuk simak langsung artikel selengkapnya !

Pengertian Perdagangan Internasional Secara Umum

Pengertian Perdagangan Internasional Secara Umum

Pengertian Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

Penduduk dalam hal ini dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Bila dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, maka perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks.

Dapat dikatakan bahwa Perdagangan Internasional merupakan sebuah proses tukar-menukar yang didasarkan atas kehendak sukarela dari masing-masing negara.

Tujuan atau motifnya yakni memperoleh manfaat perdagangan atau gains off tride. Perdagangan juga umerupakan kegiatan ekonomi yang sangat penting saat ini, maka tidak ada negara-negara di dunia yang tidak terlibat di dalam perdagangan baik perdagangan antar regional, antar kawasan ataupun antar negagra. Perdagangan ini melakukan transaksi jual-beli ke luar negeri, kalau kita membeli disebut impor sedangkan kalau kita menjual disebut ekspor.

Manfaat Perdagangan Internasional

Manfaat perdagangan internasional menurut Sadono Sukirno yakni :

#1 Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri

Ketika melakukan perdagangan internasional negara mendapat banyak manfaat salah satunya adalah dapat memperoleh barang Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil produk yang tidak ada di Indonesia.

Faktor-faktor tersebut yakni Kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan iptek dan lain-lain. Dengan adanya perdagangan internasional, setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.

#2 Memperoleh keuntungan dari spesialisasi

Dalam perdagangan internasional negara umumnya memperoleh keuntungan dari spesialiasai. Meskipun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi oleh negara lain, tapi ada kalanya lebih baik apabila negara tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.

#3 Memperluas pasar dan menambah keuntungan

Kadangkala suatu perusahaan tidak mengoperasikan alat produksinya secara maksimal karena mereka khawatir akan terjadi kelebihan produksi, sehingga kemudian mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Dengan adanya perdagangan internasional, perusahaan dapat menjalankan mesin-mesinnya secara maksimal dan menjual kelebihan produk tersebut keluar negeri.

#4 Transfer teknologi modern

Manfaat lainnya dari perdagangan internasional adalah ditransfernya teknologi modern. Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efisien dan cara-cara manajemen yang lebih modern.

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi sebuah negara
  • Menambah devisa negara dari hasil ekspor
  • Perdagangan internasional dapat membuka lapangan pekerjaan di sebuah negara
  • Menjalin persahabatan dengan negara lain
  • Meningkatkan penyebaran sumber daya alam sebuah negara

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Berikut beberapa faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional :

Adanya Pasar Bebas

Faktor pendorong perdagangan internasional yang pertama adalah adanya pasar bebas. Kebebasan ekonomi atau disebut dengan liberalisme saat ini sudah mulai ditanamkan dalam perdagangan internasional. Sehingga siapa saja berhak meningkatkan dan memperluas pasarnya untuk menjual belikan produk lintas negara.

Adanya Perbedaan Kondisi Geografis

Keadaan geografis yang berbeda dengan negara lain ternyata menjadi kelebihan tersendiri sehingga menyebabkan perbedaan pada sumber daya yang dihasilkan.

Contohnya pada zaman dahulu bumbu dan rempah-rempah hanya didapatkan di wilayah tropis seperti Indonesia, sehingga Indonesia menjadi pemasok rempah-rempah terbesar di beberapa negara barat.

Peningkatan Perkembangan Teknologi dan Informasi

Perkembangan teknologi dan juga informasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional. Sehingga dengan alasan ini setiap negara terpacu untuk meningkatkan produksinya untuk dipasarkan negara lain dengan asumsi bahwa di negara tersebut tidak dapat menyediakan barang atau jasa tersebut.

Adanya Perbedaan Teknologi

Perbedaan teknologi ternyata juga memicu terjadinya perdagangan internasional. Penyebabnya adalah apabila suatu negara yang hanya bisa menghasilkan barang mentah harus mengekspor ke negara lain untuk diolah dan diimpor kembali ke negaranya dengan harga lebih mahal.

Demikian pula sebaliknya, jika suatu negara hanya maju dalam teknologi saja tanpa adanya pasokan sumber daya alam maka ia membutuhkan bantuan dari negara lain. Inilah peran suatu bentuk perdangan internasional yang saling menguntungkan

Menghemat Biaya

Perdagangan internasional dinilai dapat menghasilkan pasar yang lebih luas dan pendapatan lebih banyak daripada jika hanya diproduksi dalam negeri saja. Sehingga produksi dalam skala besar tentunya dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi.

Jenis Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memiliki beberapa jenis yakni :

Ekspor dan Impor

Ekspor dan import adalah bentuk perdagangan internasional yang paling sering dilakukan. Untuk melakukan ekspor ada dua cara yakni dapat (melalui ketentuan yang berlaku) dan ekspor tanpa L/C (barang boleh dikirim melalui izin departemen perdagangan).

Barter

Salah satu jenis perdagangan internasional yang cukup sering dilakukan adalah barter. Barter juga dibagi dalam beberapa kategori yakni direct barter, switch barter, counter purchase dan bay back barter.

Konsinyasi

Konsinyasi merupakan salah satu jenis perdagangan internasional yang prosesnya adalah penjualan dengan pengiriman barang ke luar negeri dimana belum ada pembeli tertentu di luar negeri. Penjualannya dapat dilakukan melalui pasar bebas atau bursa dagang dengan cara lelang

Package Deal

Package Deal merupakan perdagangan yang dilakukan melalui perjanjian dagang (trade agreement) dengan negara lain.

Border Brossing

Yang terakhir adalah Border Brossing yakni perdagangan yang timbul dari dua negara yang saling berdekatan untuk memudahkan penduduknya saling melakukan transaksi.

Baca juga :

Demikian penjelasan tentang pengertian perdagangan interasional, manfaat dan jenis-jenisnya. Semoga artikel yang kami sampaikan di Ilmudefinisi.com ini bermanfaat bagi kita semua. 🙂 Sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya 🙂