Pengertian Recount Text LENGKAP ! ( Struktur, Tujuan, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya )

4 views

Hello sobat Ilmudefinisi.com πŸ™‚ Senang sekali rasanya bisa terus berbagi informasi menarik seputar definisi dan pendidikan. Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang disebut UNBK ini mimin akan mengulas lebih dalam mengenai pengertian recount text, struktur recount text, unsur kebahasaan serta contoh recount text.

Pengertian Recount Text dalam Bahasa Inggris

Pengertian Recount Text

Pengertian recount text adalah suatu jenis teks yang kontennya menceritakan kembali suatu peristiwa nyata atau kegiatan yang menimpa seseorang di masa lampau. Tujuan teks ini ialah untuk menceritakan kembali kisah nyata di masa lalu selain juga bertujuan untuk menghibur pembacanya.

Struktur teks (generic structure Recount Text)

Generic structure dalam recount text diantaranya adalah :

Orientation

Pada orientation biasanya berupa pengenalan informasi tentang tokoh, tempat, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau.

Events

Eevents merupakan serangkaian peristiwa atau kegiatan yang terjadi. Biasanya diceritakan secara berurutan, misalnya β€œOn the first day, … The second day, …” (Di hari pertama, … Di hari kedua, …).

Reorientation

Reorientation merupakan akhir dari cerita dan bersifat opsional.

Unsur Kebahasaan

Unsur kebahasaan dari recount yakni :

Noun

Noun merupakan kata benda tertentu sebagai kata ganti orang, seperti nama orang.

Past tense

Recount text menggunakan kata kerja bentuk lampau, misalnya went, visited, worked, dll.

Time connective

Time connective adalah kata penghubung waktu untuk mengurutkan kejadian, misalnya after, before, then, after that, dll.

Action verbs

Action verbs merupakan kata kerja yang menunjukkan peristiwa atau kegiatan, misalnya stayed, climbed, wrote, dll.

Adverbs

Adverbs adalah kata/frasa keterangan untuk menunjukkan waktu, tempat, dan cara, misalnya yesterday, last year, at home, slowly, carefully, dll.

Tujuan Recount Text

Tujuan dari recount text adalah  to entertain or inform the readers yang artinya adalah untuk menghibur dan menginformasikan para pembaca.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan komunikasi dari recount text adalah menceritakan suatu pengalaman atau kejadian yang terjadi dimasa lalu dengan tujuan untuk menghibur (entertain) dan menginformasikan (inform) pembaca.

Contoh Recount Text

Contoh Recount Text

Title : Vacation to The Beach

Orientation:

Last week, I and my friends went to the beach after school. We used public transportation. We reached the beach at 4 p.m. The beach was beautiful and clean.

Events:

At the beach, it was fun. We played football in the coast line. After that, we built a castle from sand. In the night, we made bonfire together. We roasted fishes and squites then we ate them. In the midnight, it was time to share our scary stories. One by one, we told our story.

Reorientation:

At the morning, we went home. It was a moment i never forgot.

Baca juga :

Inilah informasi tentang Pengertian Recount Text, struktur, tujuan dan contoh recount text. Semoga artikel yang kami bagikan ini memberikan manfaat kepada para pembaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya esok hari ya πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *