Pengertian Seni Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Secara umum

Selamat malam sobat Ilmudefinisi.com jumpa lagi dengan kami, kali ini ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai pengertian seni menurut para ahli. Serta bagaimana pandangan seni menurut Achdiat Kartamihardja serta para ahli lainnya.

Pengertian Seni Secara umum

Pengertian Seni Secara Umum

Pengertian Seni secara umum adalah suatu ekspresi perasaan manusia yang memiliki unsur keindahan di dalamnya dan diungkapkan melalui suatu media yang sifatnya nyata, baik itu dalam bentuk nada, rupa, gerak, dan syair, serta dapat dirasakan oleh panca indera manusia.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata seni mengandung tiga poin pengertian, dimana didalamnya menyatakan bahwa seni mempunyai pengetian:

  • Halus, kecil & halus, tipis & halus, lembut & enak di dengar, serta mungil & elok
  • Keahlian membuat karya yang bermutu
  • Kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi atau (luar biasa) orang yang berkesanggupan luar biasa.

Ensiklopedi Indonesia

Menurut Enslikopedia Indonesia seni merupakan ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang akan senang untuk melihat ataupun mendengarkanya.

Alexander Baum Garton

Definisi seni menurut Alexander Baum Garton adalah keindahan & seni ialah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Achdiat Karta Mihardja

Pengertian Seni menurut Achdiat Karta Mihardja berpendapat, seni ialah khusus gerakan yang mendalam manusia yang mencerminkan realitas dalam sebuah karya, struktur dan isina memiliki kemampuan untuk membawa keluar keterlibatan tertentu dalam domain dunia lain.

Aristoteles

Pengertian seni menurut Aristiteles seni merupakan peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.

Chatrin Muler

Chatrin Muler mendefinisikan seni sebagai sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa.

Drs. Sudarmaji

Menurut pendapat Drs. Sudarmaji definisi seni adalah segala manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume & gelap terang.

Drs. Popo Iskandar

Drs. Popo Iskandar menyatakan bahwa seni merupakan hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.

Drs. Suwaji Bastomi

Prof. Drs. Suwaji bastomi menjelaskan bahwa menurutnya seni merupakan aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang memiliki daya membangkitkan rasa takjub & haru.

Drs. Rizki Akhmad Zaelani

Menurut Drs. Rizki Akhmad Zaelani, Kata “seni” merupakan sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni ini berasal dari kata “SANI” yang kurang lebih artinya “Jiwa Yang Luhur atau Ketulusan jiwa”. Dan mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang atau seniman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan “ART” atau (artivisial) yang artinya kurang lebih ialah barang atau atau karya dari sebuah kegiatan. Namun kita tidak usah mempersoalkan makna ini, karena dalam kenyataannya kalau kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakin memperkeruh suasana kesenian, biarlah orang memilih yang mana terserah mereka.

Emanuel Kant

Emanuel Kant berpendapat bahwa yang dimaksud dengan seni adalah merupakan sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

Eric Ariyanto

Erik Ariyanto menyatakan bahwa seni adalah suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Herbet

Menurut herbert istilah “art” pada umumnya dihubungkan dengan bagian seni yang biasa ditandai dengan istilah “plastic” atau “visual”, tetapi semestinya di dalamnya termasuk pula jenis-jenis seni sastra & seni musik.

Irving Stone

Irving Stone menjelaskan bahwa seni merupakan kebutuhan pokok. Seperti roti atau anggur ataupun mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian ialah barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh manusia menjadi lapar akan kesenian seperti halnya perutnya keroncongan minta makan.

Ira Andriati, M.Sn

Ira Adriati, M.Sn mendefinisikan seni sebagai sebuah proses & produk dari memilih medium, & suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, & suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, dan untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

Irma Damayanti, M.Sn,

Irma Damayanti, M.Sn menjelaskan bahwa senii bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Dan seni sangat sulit untuk dijelaskan serta juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan & parameter yang menuntunnya atau kerjanya.

J.J Hogman

Seni merupakan sesuatu yang memiliki unsur ideas, activities, dan artifact.

Ki Hajar Dewantara

Pengertian Seni menurut Ki Hajar Dewantara merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan & sifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia.

Kottak

Menurut Kottak Seni dipandang sebagai kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.

Kutjaraningrat

Kutjaraningrat berpendapat bahwa seni merupakan suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, & peraturan dimana kompleks aktivitas & tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat & biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

Leo Tolstoy

Seni menurut Leo Tolstoy ialah rasa yang menimbulkan kembali perasaan yang pernah dialami.

Nandawan L. Hasanah

Definisi seni menurut Nandawan L. Hasanah adalah suatu ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia yang memiliki unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang nyata dan bisa dinikmati oleh seluruh panca indra manusia.

Plato & Rousseau

Pengertian seni menurut plato & Rousseau adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.

Schopenhaur

Schopenhauer berpendapat bahwa segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang sangat menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan fungsi seni musik meskipun seni musik ialah seni yang paling abstrak

William A. Haviland

Willian A. Haviland mendefinisikan seni sebagai keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan suatu imajinasi manusia secara kreatif didalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

Baca juga :

Inilah Pengertian Seni Menurut Para Ahli. Semoga artikel yang kami informasikan ini dapat menambah wawasan sobat tentang seni. Simak terus artikel pendidikan yang akan kami sampaikan setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *