Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi LENGKAP dengan Contohnya !

Posted on

Selamat datang di Ilmudefinisi.com Gudangnya Ilmu Pengetahuan. Di hari yang indah ini mimin akan mengajak sobat untuk membahas tentang Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi, pengertian seni rupa 3 dimensi, contoh seni rupa 2 dimensi dan contoh seni rupa 3 dimensi. Apa sih yang membedakan antara seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Yuk mari kita lihat ulasan selengkapnya !

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi adalah suatu karya yang memiliki dua sisi yakni panjang kali lebar.

Karya seni rupa dua dimensi tidak memiliki ruang karena tidak memiliki ketebalan atau ketinggian.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Banyak sekali contoh seni rupa dua dimensi yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah :

Lukisan

Lukisan merupakan salah satu karya seni dua dimensi karena memiliki dua sisi panjang dan lebar. Proses pembuatannya adalah dengan memulaskan cat menggunakan alat lukis serta peralatan lainnya.

Karya ini dikategorikan sebagai sebuah karya seni dua dimensi karena tidak memiliki ruang maupun tinggi.

Fotografi

Karya seni 2 dimensi selanjutnya adalah seni fotografi. Sama halnya dengan lukisan, fotografi hanya memiliki sisi panjang dan lebar sehingga disebut dengan karya seni 2 dimensi.

Fotografi sendiri adalah suatu seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film.

Batik

Contoh karya seni 2D atau 2 Dimensi adalah Batik. Batik sendiri merupakan seni melukis yang dilakukan diatas kain dengan menggunakan lilin/malam sebagai pelindung untuk mendapatkan ragam hias diatas kain tersebut.

Kain batik menjadi salah satu kebanggaan dan karya seni khas Indonesia. Dari berbagai daerah di Indonesia memiliki ciri khas kain batik yang berbeda-beda yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Lukisan Dinding

Sama halnya dengan lukisan yang ada di kanvas lukisan juga dapat diaplikasikan di dinding. Karya seni atau lukisan yang dapat sobat lihat pada tembok atau dinding disebut juga dengan karya seni 2 dimensi.

Poster

Banyak sekali karya seni 2 dimensi disekitar kita salah satunya adalah poster. Gambar poster hanya memiliki dua sisi panjang dan lebar sehingga dapat dikategorikan sebagai karya seni dua dimensi atau karya seni 2D.

Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Terdapat beberapa tehnik yang digunakan dalam karya seni 2 dimensi diantaranya adalah :

Teknik Plakat

Teknik plakat merupakan teknik melukis dengan menggunakan cat minyak, cat poster atau cat akrelik, dengan goresan yang tebal agar mendapatkan hasil yang pekat dan padat.

Teknik Transparan

Teknik transparan merupakan teknik 2 dimensi yang digunakan untuk melukis seni rupa menggambar dengan menggunakan cat cair. Sapuan – sapuan warna untuk melukis harus tipis agar hasilnya juga tampak seperti transparan. (Baca juga : Tarian Tradisional Sumatera Barat)

Teknik Kolase

Teknik kolase adalah suatu teknik yang akan memberikan hasil lukisan yang realis atau abstrak karena terbuat dari potongan – potongan kertas yang di tempel dengan menggunakan lem. (Baca juga : Perbedaan Seni dan Keindahan)

Teknik 3 M (Merekat, Menggunting, Menempel)

Teknik 3 m adalah teknik dari seni rupa yang juga merupakan proses manipulasi lembaran kertas yang akan menjadi suatu bentuk 3 dimensi. (Baca juga : Tarian Tradisional Papua)

Teknik Linear

Teknik linear adalah teknik untuk menggambar objek yang dengan menggunakan pola garis dari pensil atau pena. (Baca juga : Budaya Indonesia yang Mendunia)

Teknik Blok

Teknik blok adalah teknik yang di gunakan untuk menutupi objek lukis dengan menggunakan satu warna. (Baca juga: Teknik Dasar Pencak Silat)

Teknik Arsir

Teknik arsir sendiri merupakan teknik yang di gunakan untuk menutupi objek lukis yang dengan pulasan garis sejajar atau garis menyilang dengan menggunakan pensil atau pena. (Baca juga : Teknik Dasar Seni Peran)

Teknik Dussel

Teknik dussel adalah sebuah teknik yang di gunakan untuk membuat gelap terang pada objek lukis dengan goresan – goresan miring yang menggunakan pensil. (Baca juga : Kebudayaan Papua)

Teknik Pointilis

Teknik pointilis yakni sebuah teknik yang di gunakan untuk menghitamkan objek lukis dengan beberapa titik – titik yang ada.

Teknik Aquarel

Teknik aquarel adalah teknik yang di gunakan untuk menutup objek lukis yang dilakukan dengan menyapu cat cair secara tipis.

Teknik Mozaik

Teknik mozaik adalah teknik yang di gunakan untuk melukis dengan cara menempelkan benda – benda 3 dimensi

Teknik Menganyam

Teknik menganyam merupakan sebuah teknik yang di gunakan untuk menumpang tindih dan juga untuk menyilangkan bahan – bahan yang anda sehingga menghasilkan karya seni anyaman.

Unsur Dalam Seni Rupa 2 Dimensi

Unsur Dalam Seni Rupa 2 Dimensi

Unsur-unsur yang terkandung dalam karya seni dua dimensi diantaranya adalah :

  • Titik
  • Garis
  • Bidang
  • Bentuk
  • Tekstur
  • Warna
  • Gelap Terang
  • Ruang atau kedalaman

Media Seni Rupa 2 Dimensi

Banyak sekali media yang digunakan dalam karya seni rupa 2 dimensi seperti :

  • Pensil
  • Pensil warna
  • Krayon
  • Konte
  • Kuas
  • Cat Air/ Cat Minyak
  • Kanvas
  • Kuas
  • Palet
  • Komputer

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang memiliki sisi panjang, lebar dan ruang/volume.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Banyak sekali contoh karya seni rupa 3 dimensi dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah :

Patung ( Arca )

Contoh seni rupa 3 dimensi yang pertama adalah patung. Patung atau arca merupakan karya seni 3 dimensi karena memiliki sisi panjang, lebar dan tinggi atau volume.

Vas Bunga

Vas bunga atau gerabah merupakan karya seni 3 dimensi juga yang paling sering kita temui. Hampir di setiap rumah memiliki benda yang satu ini. Mudah bukan menemukan karya seni 3 dimensi ?

Aneka Mebel

Perabotan dan perlengkapan rumah yang merupakan karya seni 3 dimensi lainnya adalah mebel. Peralatan berupa kursi, meja, lemari dan lain sebagainya dikatakan sebagai salah satu contoh karya seni 3 dimensi karena memiliki sisi panjang, lebar dan ruang.

Lain-lain

Masih banyak sekali karya seni tiga dimensi yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti cangkir, gantungan kunci, topeng dan banyak lagi yang lainnya.

Baca juga :

Demikian penjelasan tentang karya seni 2 dimensi dan pengertian karya seni 3 dimensi lengkap dengan contoh, media dan tehniknya. Yuk simak terus informasi seputar pendidikan di Ilmudefinisi.com yang akan kami sajikan esok hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *