Pengertian Teks Diskusi LENGKAP (Tujuan, Kaidah, Struktur, Jenis dan Contohnya !)

Posted on

Pengertian Teks Diskusi – Teks memiliki keberagaman jenis, salah satunya adalah teks diskusi. Pernahkah kalian melakukan sebuah diskusi ? Diskusi merupakan suatu bentuk interaksi komunikasi yang terjalin antar dua individu atau antar kelompok yang membahas suatu pengetahuan yang kemudian akhirnya menghasilkan pemahaman yang baik dan benar. Jadi apa sih teks diskusi, bagaimana tujuannya serta apa yang membedakannya dengan teks lain ? Yuk langsung saja kita bahas selengkapnya !

Pengertian Teks Diskusi, ciri-ciri dan jenisnya

Pengertian Teks Diskusi

Pengertian teks diskusi adalah teks yang menyajikan dua pendapat yang berbeda tentang suatu hal baik pro atau kontra yang membuat kedua pihak saling berbicara masalah yang menjadi persoalan dalam diskusi.

Struktur Teks Diskusi

Adapun struktur pendukung dari teks diskusi ada 4 yakni :

Isu

Isu merupakan struktur teks diskusi yang pertama yang berisikan masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut.

Argumen Mendukung

Argumen mendukung merupakan bagian yang berisi argumen atau alasan mendukung hal yang menjadi pokok masalah diskusi.

Argumen Menentang

Argumen menentang berisi tentang sebuah argumen yang bertentangan dengan argumen yang mendukung.

Kesimpulan

Bagian terakhir dari teks diskusi adalah bagian kesimpulan. Bagian kesimpulan berisi kesimpulan dan rekomendasi mengenai isu yang dibahas. Usahakan mengambil jalan tengah dari isu yang dibahas.

Tujuan Teks Diskusi

Tujuan dari sebuah diskusi adalah untuk meraih kesepakatan atau satu pemahaman tentang pendapat atau gagasan.

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

Kaidah kebahasaan atau ciri unsur teks diskusi yaitu sebagai berikut:

Menggunakan Konjungsi Perlawanan

Dalam teks diskusi biasanya menggunakan kata penghubung perlawanan misalnya: tetapi, sedangkan, namun, sebaliknya.

Menggunakan Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal

Kohesi leksikal merupakan kepaduan yang didapat dengan cara pemilihan kata. Sedangkan, kohesi gramatikal adalah kepaduan yang didapat dengan memakai elemen dan aturan gramatikal

Menggunakan Modalitas

Dalam sebuah teks diskusi menggunakan modalitas yakni kata yang memiliki makna kemungkinan, kenyataan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam kalimat. Biasanya modalitas dinyatakan dengan kata  harus, akan, ingin, mungkin.

Jenis-jenis Teks Diskusi

Teks diskusi memiliki beberapa jenis diantaranya :

  • Teks diskusi seminar
  • Teks diskusi simposium
  • Teks diskusi diskusi panel
  • Teks diskusi kongres
  • Teks diskusi sarasehan
  • Teks diskusi lokakarya
  • Teks diskusi muktamar

Contoh Teks Diskusi

Untuk dapat lebih memahami teks diskusi simaklah contoh dibawah ini.

Judul Teks Diskusi

Dampak Kehadiran Ojek Online Terhadap Ojek Konvensional

Isu

Belakangan ini di kota-kota besar sedang marak jasa layanan ojek online yang dapat dipesan melalui smartphone atau telepon pintar. Hanya dengan bermodalkan gadget, koneksi internet, dan gps layanan ojek online ini siap menjemput dan mengantarkan pemesannya ke tempat tujuan.

Karena terbilang baru, ojek online menuai pro dan kontra. Hal ini dikarenakan beberapa orang menganggap kehadiran ojek online atau yang sering disingkat dengan OJOL ini mengganggu penghasilan tukang ojek konvensional. Namun, beberapa orang lain menyatakan sangat terbantu oleh kehadiran ojek online yang praktis dan bisa dipesan kapan saja, dan dari mana saja.

Argumen Pendukung

Pada satu sisi, Ojek online di kota-kota besar didukung oleh beberapa kalangan. Mereka beranggapan bahwa kemudahan dalam memesan, dan tersedianya fasilitas pendukung tambahan membuat mereka tidak ragu untuk memilih ojek online dibanding ojek konvensional. Selain itu, kemampuan memesan dari segala tempat adalah keunggulan utama dari ojek online.

Argumen Penentang

Meskipun demikian di sisi lainnya, ojek online dianggap merebut konsumen dari ojek konvensional secara sepihak. Bahkan beberapa langganan ojek konvensional mulai beralih menggunakan jasa ojek online. Bahkan sempat terjadi perseteruan antara pengojek online dan konvensional mengenai perebutan konsumen yang mengakibatkan menurunnya penghasilan pengojek konvensional secara drastis.

Kesimpulan

Keunggulan dan Kelemahan dari suatu gagasan pasti ada. Menghapus ojek online secara serta-merta bukan keputusan yang bijak karena pasti ada pihak yang merasa dirugikan. Oleh karena itu, sebaiknya para ojek online dan ojek konvensional melakukan permusyawaratan guna mencari kesepakatan mengenai pengambilan calon konsumen.

Alternatif lainnya adalah pihak pemilik ojek online bisa memperlebar sayap dan mencoba merekrut para pengojek konvensional untuk dijadikan anggota pengojek online dengan dukungan pemberian perangkat-perangkat yang dibutuhkan, dan pelatihan penggunaan layanan sehingga para pengojek konvensional tetap mendapatkan pendapatan yang setara dengan pengojek lainnya.

Baca juga :

Demikian penjelasan tentang Pengertian Teks Diskusi, Struktur, Tujuan, Jenis, dan contoh teks diskusi. Semoga artikel kali ini dapat membantu sobat memahami materi tersebut ya 🙂 Sampai jumpa pada artikel Ilmudefinisi.com esok hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *