Pengertian Teks Persuasi LENGKAP ! Jenis-jenis, Ciri, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

Posted on

Hello sobat, jumpa lagi nih dengan Ilmudefinisi.com , di hari yang menyenangkan ini mimin akan membahas topik tentang pengertian teks persuasi, kaidah kebahasaan, jenis-jenis teks persuasi, ciri dan juga contoh teks persuai. Bagi sobat yang belum faham akan materi ini simaklah dengan seksama ya 🙂

Pengertian Teks Persuasi

Pengertian Teks Persuasi

Pengertian teks persuasi adalah sebuah paragraf yang berisi tentang ajakan, himbauan, bujukan, atau rayuan kepada pembaca supaya nantinya pembaca mengikuti apa yang dikehendaki oleh penulis.

Dalam sebuah paragraf persuasif memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca agar terpengaruh bacaan sehingga memiliki pemikiran yang sama. Harapannya, pembaca akan mengikuti dan melakukan apa yang sudah dituliskan oleh penulis didalam teks persuasi.

Karena isinya yang berupa kata-kata ajakan serta himbauan, maka Anda membutuhkan beberapa fakta dan bukti yang akurat dan kuat supaya pembaca terpengaruh dengan ajakan Anda dan kemudian melakukan apa yang Anda inginkan.

Dari penguraian diatas dapat disimpulkan bahwa Teks persuasi merupakan bacaan yang terdiri atas kumpulan paragraf berisi bujukan atau ajakan untuk pembacanya.

Ciri-ciri Teks Persuasif

Paragraf atau teks persuasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Teks persuasif mengandung fakta dan juga bukti sebagai faktor yang kuat dalam mempengaruhi atau kalimat dengan bentuk ajakan/bujukan.

Tujuan teks persuasi adalah untuk mendorong atau mempengaruhi pada suatu hal sedangkan untuk bahasa yang di gunakan dibuat provokatif, menarik, dan antusias. Hal ini di lakukan agar si pembaca dapat lebih yakin

Membuat si pembaca dapat lebih percaya dengan penjelasan yang menarik

Berupaya dapat menghindari konflik, yang mana hal ini di lakukan agar pembaca yakin dan tercapainya kesepakatan

Memperlihatkan berbagai fakta serta data sebagai penguat argumentasi atau dalil

Berupaya dapat menimbulkan suatu kesepakatan atau penyesuaian lewat kepercayaan penulis dengan pembaca.

Bentuk Paragraf Persuasif

Paragraf persuasif memiliki beberapa bentuk diantaranya adalah :

Bentuk Pidato

Contoh paragraf persuasif bentuk pidato adalah : propaganda, kampanye lisan, dan penjual jamu ditempat-tempat terbuka.
Bentuk Tulisan

Bentuk Tulisan

Contoh paragraf persuasif bentuk tulisan : iklan, brosur dan selebaran.

Bentuk Elektronik

Contoh paragraf persuasif bentuk elektronik contohnya : Iklan TV, bioskop, dan internet.

Jenis Paragraf Persuasif

Paragraf persuasif digolongkan menjadi beberapa jenis yakni :

Persuasi politik

Persuasi politik di pergunakan untuk hal dibidang politik yang masih ada kaitannya dengan bidang politik dan kenegaraan. Biasanya para ahli politik dan kenegaraan menggunakan pesuasi jenis ini sebagai keperluan politik dan negara.

Persuasi pendidikan

Persuasi pendidikan umumnya di gunakan oleh orang tertentu yang berkecimpung atau masih ada hubungannya dengan dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Sebagai contoh orang yang menggunakan persuasi pendidikan adalah seorang guru yang mana di gunakan untuk mempengaruhi para siswa agar dapat giat belajar, gemar membaca dan lainnya. kemudian para Seorang motivator atau inovator pendidikan memanfaatkan persuasi pendidikan dengan menerapkan berbagai konsep baru pendidikan bertujuan dapat di laksanakan oleh para pelaksana pendidikan.

Persuasi Advertensi

lalu yang ke-3 adalah Persuasi iklan atau Persuasi Advertensi, yang mana biasanya di gunakan dalam bidang usaha/dunia usaha bertujuan mengenalkan suatu barang atau jasa. Persuasi iklan yang ialah yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli barang yang di tawarkan tersebut. Sedangkan untuk sebaliknya persuasi yang kurang baik adalah jika tidak mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli barang yang telah di iklankan tersebut.

Persuasi Propaganda

Informasi merupakan Objek yang di sampaikan pada persuasi propaganda. maka dari itu tujuan dari persuasi bukan hanya berhenti pada penyebaran informasi saja. Selebihnya, dengan informasi di harapkan pembaca atau pendengar ingin/mau serta sadar untuk melakukan sesuatu.

Contoh Teks Persuasi

Untuk memahami teks persuasi simaklah contoh berikut ini :

Hindarilah Rokok Meskipun Sebatang

Alinea Pembuka

Rokok mengandung bahan dan zat kimia yang berbahaya bagi sistem pernafasan. Tar dan nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya yang ada dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia di mana 200 diantaranya beracun.

Alinea Penjelas

Semakin besar isi kandungan tar dan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh tubuh kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi wanita yang menjadi perokok aktif.

Alinea Penutup

Karena dampak negatifnya begitu besar maka hindarilah rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah membuat tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.

Baca juga :

Inilah penjelasan tentang Pengertian Teks Persuasi, ciri, jenis-jenis dan contohnya. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *