Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli ( TERLENGKAP ) !

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Selamat pagi sobat Ilmudefinisi.com pada kesempatan ini kami akan mengulas secara mendalam tentang Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli. Bagaimana sih definisi wawasan nusantara menurut para pakar ? Serta apa tujuan wawasan nusantara, aspek, serta fungsinya. Yuk langsung saja kita simak ulasan selengkapnya 🙂

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Pengertian Wawasan Nusantara Secara Etimologis

Secara etimologis pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap yang menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan bangsa Indonesia. 

Istilah wawasan nusantara diambil dari bahasa Jawa yakni dari kata wawas (Bahasa Jawa) yang memiliki arti “pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi”.

Kemudian kata tersebut ditambahkan akhiran “an” sehingga berarti cara melihat atau tinjau. Dan kata Nusantara sendiri juga terdiri dari dua kata “nusa” (pulau / kesatuan kepulauan) sedangkan “antara” (letak antara dua benua dan dua samudera).

Jika dua kata tersebut digabungkan menjadi nusantara maka mempunyai arti kesatuan kepulauan yang terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia juga dua Samudera Hida dan Pasifik.

Baca juga : Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Mari kita simak definisi wawasan nusantara menurut para ahli :

Akhadiah MK

Definisi wawasan nusantara menurut Akhadiah MK adalah cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya sesuai dengan ide nasionalnya, yaitu Pancasila dan UUD 1945, sebagai aspirasi suatu bangsa yang merdeka, berdaulat dan bermartabat di tengah-tengah lingkungannya, yang menjiwai tindak kebijaksanaan dalam mencapai tujuan perjuangan bangsa.

Kelompok Kerja LEMHANAS

Kelompok Kerja LEMHANAS (Lembaga Pertahanan Nasional) 1999 mendefinisikan pengertian wawasan nusantara sebagai suatu cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungan yang beragam dan bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

M. Panggabean

Kemudian M. Panggabean menyatakan bahwa pengertian wawasan nusantara adalah doktrin politik bangsa Indonesia untuk mempertahankan kelangsungan hidup Negara Republik Indonesia, yang didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 dengan memperhitungkan pengaruh geografi, ekonomi, demografi, teknologi dan kemungkinan strategik yang tersedia.

Munadjat Danusaputro

Pengertian wawasan nusantara menurut Munadjat Danusaputro yakni cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensi yang serba terhubung serta pemekarannya di tengah-tengah lingkungan tersebut berdasarkan asas nusantara.

Prof. Wan Usman

Pengertian Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

Samsul Wahidin

Menurut Samsul Wahidin, pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang, cara memahami, cara menghayati, cara bersikap, bertindak, berpikir dan bertingkah laku bagi Bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi proses-proses psikologis, sosiokultural dalam arti yang luas dengan aspek-aspek asta grata.

Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi

Menurut Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi, arti wawasan nusantara adalah cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya.

Sumarsono

Menurut Sumarsono, definisi wawasan nusantara adalah nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang-undangan yang berlaku pada setiap strata di seluruh wilayah negara, sehingga menggambarkan sikap dan perilaku, paham serta semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tinggi yang merupakan identitas atau jati diri Bangsa Indonesia.

Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN

Menurut Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN, pengertian Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Fungsi Wawasan Nusantaraa

Fungsi Wawasan Nusantara

Fungsi utama dari wawasan nusantara adalah sebagai panduan, pedoman, acuan bagi bangsa Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. Kemudian fungsi wawasan nusantara di kategorikan dalam 4 kelompok yakni :

Sebagai Wawasan Pembangunan

Wawasan nusantara juga memiliki fungsi dalam pembangunan Indonesia. Beberapa unsur di dalamnya termasuk sosial politik, kesatuan politik, pertahanan dan keamanan negara, serta ekonomi dan sosial ekonomi.

Sebagai Konsep Ketahanan Nasional

Yang kedua yakni wawasan nusantara sebagai konsep ketahanan nasional maksudnya adalah pemahaman mengenai wawasan nusantara berfungsi sebagai konsep ketahanan sosial yang memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan, kewilayahan, dan pertahanan keamanan nasional.

Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan

Ternyata wawasan nusantara juga berfungsi sebagai pertahanan dan keamanan nasional yang mengarah pada pandangan geopolitik Negara Indonesia. Pandangan ini meliputi tanah air dan segenap wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai Wawasan Kewilayahan

Yang terakhir wawasan nusantara berfungsi dalam pemahaman mengenai wawasan kewilayahan Indonesia, termasuk batas wilayah Indonesia untuk menghindari terjadinya potensi sengketa dengan negara lain.

Baca juga : Pengertian Heteroseksual, Homoseksual, Biseksual dan Panseksual

Tujuan Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara memiliki tujuan yakni untuk mewujudkan rasa cinta tanah air (nasionalisme) dari semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Asas Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara memiliki asas-asas sebagai berikut :

1. Tujuan dan Kepentingan yang Sama

Warga negara  Indonesia memiliki tujuan dan kepentingan yang sama di bumi pertiwi ini. Contohnya dapat kita lihat saat seluruh rakyat Indonesia menginginkan kemerdekaan dan melakukan perjuangan bersama-sama melawan penjajah.

2. Keadilan

Yang kedua keadilan artinya seluruh elemen masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan keadilan dalam berbagai aspek kehidupan bernegara, baik secara hukum, ekonomi, politik, dan sosial.

3. Kejujuran

Kebenaran dan kejujuran dalam berpikir dan bertindak merupakan asas wawasan nusantara yang sangat penting. Keberanian dalam berpikir dan bertindak sesuai fakta dan kenyataan sesuai ketentuan dilaksanakan demi terciptanya kemajuan.

4. Solidaritas

Sikap solidaritas juga merupakan bentuk kepedulian terhadap orang lain, mau berbagi dan berkorban untuk kepentingan yang lebih besar. Sikap ini seharusnya dilakukan masyarakat Indonesia tanpa menghilangkan ciri dan karakter budaya masing-masing.

5. Kerja Sama

Kesadaran akan tujuan dan kepentingan bersama akan menimbulkan kerjasama dan koordinasi antar elemen masyarakat. Kerjasama dan koordinasi ini dilakanakan berdasarkan atas kesetaraan untuk meningkatkan efektivitas pencapaian tujuan bersama.

6. Kesetiaan

Kesetiaan merupakan salah satu asas wawasan nusantara yang menjadi tonggak utama untuk menciptakan persatuan dan kesatuan suatu negara. Kesetiaan dapat diwujudkan dengan melaksanakan berbagai kegiatan sesuai aturan dan bertujuan demi kemajuan bangsa dan negara.

Contoh Wawasan Nusantara

Contoh Wawasan Nusantara

Kemudian penerapan nyata wawasan nusantara dapat dilakukan melalui cara berpikir, sikap, ucapan, dan lain-lain. Beberapa contoh wawasan nusantara dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah :

Menjadikan falsafah Pancasila sebagai sebuah pedoman hidup bernegara dan bermasyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan tindakan nyata sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai religius, kekeluargaan, dan menjaga persatuan yang sesuai dengan Pancasila.

Sikap cinta tanah air yang diwujudkan dengan sikap yang lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, golongan, dan agama.

Mewujudkan pembangunan bangsa dengan tindakan yang nyata dan juga prestasi. Contohnya adalah bagi seorang atlit maka ia dapat menunjukkan rasa cinta tanah air dengan berprestasi di bidang olah raga.

Demikian penjelasan tentang Pengertian wawasan nusantara beserta fungsi, tujuan dan asas-asasnya. Semoga artikel yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya esok hari 🙂

Pengertian Gotong Royong : Manfaat, Nilai-nilai, dan Contohnya !

Pengertian Gotong Royong – Di dalam kehidupan sosial, kegiatan gotong royong sering kali ditemukan di masyarakat. Kehidupan bergotong royong identik dengan budaya Indonesia. Kegiatan...
ilmudefinisi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *