Teks Pancasila : Lambang & Bunyi Pancasila

70 views

Teks Pancasila – Pancasila sebagai sebuah ideologi dan falsafah bangsa merupakan hal yang amat penting untuk kita ingat dan kita fahami. Makna yang terkandung di dalam pancasila harus kita jadikan acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Istilah Pancasila sendiri di dapat dari kata “Panca” dan “Sila“. Panca artinya lima dan Sila diartikan sebagai prinsip (asas). Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta. Kemudian pancasila secara umum dipandang sebagai rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Meski dijadikan sebagai sebuah ideologi, nyatanya banyak sekali rakyat Indonesia yag belum faham akan isi dan bunyi dari Pancasila. Untuk itu admin akan membagikan informasi tentang Teks Pancasila, Bunyi Pancasila dan Lambang Pancasila secara Lengkap !

Teks Pancasila

  • Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebjaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  • Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Untuk lambang dari setiap sila pancasila terdapat pada lambang negara yaitu burung garuda. Pada dada burung garuda tersebut terdapat sebuah perisai melambangkan pertahanan bangsa Indonesia. Didalamnya terdapat simbol/lambang dari masing masing sila pancasila. Definisi dari lambang-lambang pancasila yakni :

Teks Pancasila dan Lambangnya

Lambang Teks Pancasila

1. Ketuhanan yang maha Esa

Pada sila pertama yakni ketuhanan yang maha esa dilambangkan dengan cahaya pada bagian tengah yang berbentuk perisai. Perisai ini memiliki bentuk bintang, dengan sudut yang memiliki latar berwarna hitam.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

Untuk sila kedua memiliki lambang dengan tali rantai bermata berbentuk bulatan dan juga persegi, dan pada bagian kiri di bawah perisai memiliki latar merah.

3. Persatuan Indonesia

Kemudian untuk sila ketiga yakni persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin yang terletak di bagian kiri bagian atas, dan perisai yang memiliki latar putih.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam  permusyawaratan/perwakilan

Sila keempat digambarkan dengan kepala banteng, dengan bagian kanan atas terdapat perisai yang berwarna merah.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Yang terakhir yakni sila ke-5 memiliki lambang dimana terdapat padi dan pakas yang berada pada bagian kanan bawah, ditambahkan dengan perisai yang memiliki latar berwarna putih.

Baca juga :

Demikian penjelasan terkait Teks Pancasila, Bunyi dan Lambangnya ! Ingat dan fahami ideologi dan falsafah bangsa ini ya kemudian aplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sampai jumpa pada artikel di Ilmudefinisi.com selanjutnya ! See You !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *